PERSEBARAN FLORA & FAUNA DI INDONESIA


PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA

PERSEBARAN FAUNA
                FLORA & FAUNA TIPE ASIATIS (INDONESIA BAGIAN BARAT)
Fauna Asiatis banyak terdapat di Indonesia bagian barat sampai Selat Makassar dan Selat Lombok. Beberapa jenis fauna Asiatis antara lain:
                1. Gajah
          Image result for gajah sumatra  Gajah adalah hewan yang memiliki bobot terbesar bukan merupakan hewan melata. Hewan ini memiliki ciri khas pada hidung yang panjang. Hidung tersebut seringkali disebut dengan belalai. Hewan gajah juga memiliki telinga yang lebar dan warna kulit abu- abu. Gajah adalah hewan yang dijadikan ikon negara oleh Thaliland. Gajah juga memiliki kaki yang sangat kuat dengan sedikit rambut pada bagian kepala. Gajah adalah hewan yang termasuk ke dalam kelompok hewan herbivora dimana hewan ini akan memakan dedaunan dan tumbuhan. Hewan ini juga memiliki suara yang sangat khas. Gajah banyak diburu untuk diambil bagian gadingnya. Kulit gajah kasar dan berkerut. Gajah Sumatera kini habitatnya semakin lama semakin terancam. Hal ini yang akan membuat gajah semakin mengkhawatirkan keberadaanya.
2. Harimau
Image result for harimau sumatra Harimau adalah contoh hewan mamalia yang berada di dalam puncak rantai makanan. Hewan ini merupakan karnivora atau hewan pemakan daging. Harimau juga banyak diburu untuk diambil bagian pada kulitnya. Kulit harimau memiliki belang hitam dan oranye yang sangat menarik. Hewan ini kini sudah punah pada jenis harimau jawa dimana memiliki ukuran yang terbesar dibanding dengan harimau jenis lainnya. Harimau jawa mengalami penurunan luas jelajah dan habitat kekuasaan sehingga harimau kerap kesulitan untuk bertahan. Harimau juga banyak diburu secara liar oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Harimau sumatera hingga kini masih bisa ditemukan namun keberadaanya juga kian terancam. Hal ini menjadi perhatian yang serius untuk menyelamatkan hewan predator ini. Pada jenis harimau jawa telah dilakukan penelitian selama 20 tahun, dan hingga saat ini belum ditemukan tanda adanya keberadaan hewan harimau. Status hewan harimau jawa telah dinyatakan punah.
3. Badak Bercula Dua
 Image result for badak sumatraBadak bercula dua dapat ditemukan di daerah Sumatera dan bukan merupakan hewan annelida. Hewan ini merupakan salah satu jenis mamalia yang cukup sulit untuk berkembangbiak. Badak ini termasuk ke dalam hewan herbivora. Hewan herbivora berada di urutan kedua dalam rantai kosumen yang mengkonsumsi produsen. Hewan badak ini juga memiliki ukuran yang sangat besar. Badak memiliki kebiasaan untuk berkubang di dalam lumpur



Ciri-Ciri Fauna Tipe Asiatis
  • Mamalia ukuran besar (hariamau, gajah, tapir).
  • Berbagai jenis kera.
  • Berbagai jenis ikan air tawar.
  • Sedikit burung berwarna (burung enggang) namun banyak yang bersuara merdu dengan ukuran kecil sampai sedang (burung parkit).
  • Berbagai jenis reptil.
  • Fauna endemik (badak bercula satu, burung merak, jalak bali, orang utan).
  • Tidak ada binatang berkantung.
FLORA ASIATIS:
                Pengertian Flora Asiatis
Flora Asiatis adalah jenis flora khas yang ada di wilayah Indonesia bagian barat yang meliputi Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Mengapa dinamakan flora Asiatis? Hal ini karena flora khas yang tumbuh di wilayah ini mendapat pengaruh dari benua Asia atau mirip- mirip dengan yang tumbuh di Benua Asia. Maka dari itulah nama flora maupun fauna di wilayah ini dinamakan Asiatis, karena diambil dari wilayah yang menjadi asalnya.
Indonesia dibagi menjadi tiga daerah persebaran flora dan fauna. Dalam setiap daerah dibatasi oleh suatu garis khayal. Garis khayal yang membatasi wilayah bagian barat (zona Asiatis) dengan wilayah bagian tengah (zona peralihan) dinamakan Garis Wallace.
Ciri- ciri Flora Asiatis
Flora daerah barat yang bersifat khas atau flora Asiatis memiliki sifat yang tidak sama dengan flora bagian tengah maupun bagian timur. Tentunya flora di masing- masing wilayah memiliki ciri khasnya masing- masing yang akan membedakannya dengan flora di daerah lain. Adapun ciri- ciri flora Asiatis antara lain sebagai berikut:
·         Flora berupa hutan tropis dengan tumbuhan meranti, kamper, keruing dan juga mahoni
Ada beberapa macam tumbuhan atau flora Asiatis. Flota Asiatis biasanya tumbuh di hutan tropis yang memiliki berbagai jenis tanaman atau pohon. Pepohonan yang tumbuh di hutan tropis Indonesia bagian barat biasanya lebat dan lembab. Adapun beberapa jenis tumbuhan yang menjadi khasnya tanaman atau flora Asiatis adalah tumbutan kamper, keruing, kayu meranti dan juga kayu mahoni. Tumbuhan khas Asiatis ini memiliki kayu yang banyak digunakan oleh manusia.
·         Dibatasi oleh garis khayal Wallace
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa antar wilayah yang membatasi zona persebaran flora dan fauna dibatasi oleh garis- garis khayal. Garis khayal yang membatasi antara zona Asiatis dan zona peralihan adalah garis Wallace. Sementara yang membatasi antara zona peralihan dengan zona Australis adalah garis Weber.
·         Memiliki daun yang lebat
Salah satu ciri yang dapat terlihat dari flora Asiatis adalah memiliki daun yang lebat. Jumlah daun di pohon flora Asiatis bisa dikaotakan banyak dan rimbun. Oleh karena flora- flora ini tumbuh di hutan, maka di wilayah Indonesia bagian barat seringkali dijumpai hutan hujan tropis yang selalu hijau dan lembab sepanjang tahun karena daun- daun membentuk kanopi sehingga sinar matahari tidak dapat ditembus.
CONTOH FLORA ASIATIS:
·                    Image result for raflesia arnoldi     Rafflessia Arnoldi
Padma raksasa ini diberi nama Rafflessia dan ditemukan pertama kali pada pada tahun 1818 di daerah Bengkulu di dekat Sungai Manna Lubuk. Tumbuhan ini berupa bunga yang diperkirakan sebagai bunga terbesar di dunia. Tumbuhan atau flora ini termasuk jenis parasit yang tumbuh di jaringan merambat dan tidak memiliki daun. Oleh karena tidak memiliki daun maka tumbuhan ini merupakan parasit.
·         Image result for bunga bangkaiBunga Bangkai
Jenis tumbuhan raksasa ini memiliki nama Bunga Bangkai atau Suweg (bahasa lokal untuk jenis vegetatif). Tanaman ini merupakan jenis tanaman talas- talasan endemik yang berasal dari Sumatera. Bunga ini juga dikenal sebagai bunga majemuk terbesar. Bunga ini memiliki nama latin Amorphophallus Titanum Becc., disebut sebagai Bunga Bangkai karena bunga ini mengeluarkan bau yang tidak sedap atau bau busuk. Pdahal bau busuk yang ditimbulkan ini berguna untuk menarik serangga agar mau menyerbuki bunga ini, namun bagi manusia bau ini justru bau busuk yang tidak menarik. Ukuran bunga ini besar dan tingginya bisa melebihi orang dewasa.
·         Image result for bunga anggrekAnggrek
Bunga Anggrek adalah tanaman khas Asia yang memiliki spesies terbanyak di Indonesia. Bunga ini menempel di tumbuhan lain untuk mendapatkan sinar matahari agar bisa melakukan fotosintesis. Habitat bunga anggrek ini tersebar di wilayah Indonesia khususnya di wilapyah tropika, namun juga terdapat di wilayah Sirkumpolar sampai ke wilayah tropika basah. Bunga Anggrek termasuk bunga yang digemari oleh masyarakat Indonesia dan merupakan bunga khas Indonesia seperti melati. Bunga anggrek ini juga memiliki berbagai warna seperti ungu, kuning, merah putih dan lain sebagainya. Bunga anggrek juga banyak dibudidayakan di Indonesia.
                FLORA & FAUNA TIPE PERALIHAN
Fauna pada bagian peralihan sendiri memang lebih menarik dan lebih unik jika dibandingkan dengan fauna pada bagian lain. Hal ini lah yang menyebabkan banyak sekali penelitian mengenai jenis-jenis fauna yang berada di bagian peralihan. Ada beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh fauna peralihan, seperti:
1.       Satwa endemik
Fauna peralihan adalah fauna yang bisa dikatakan tak menyerupai dua bagian lain dari persebaran fauna yang ada di Indonesia. hal ini menyebabkan banyak sekali fauna yang ada di bagian peralihan merupakan satwa endemik. Bahkan tak sedikit flora dan fauna yang dilindungi di Indonesia berada di kawasan peralihan atau pada bagian tengah Indonesia. Meskipun begitu kita masih juga bisa menemukan beberapa jenis fauna yang dipengaruhi oleh satwa dengan tipe australis dan asiatik. Salah satu satwa endemik yang masuk ke kawasan bagian tengah ini adalah Komodo.
2.       Tidak berbulu
Beberapa satwa yang khas dari kawasan daerah peralihan sendiri biasanya tidak memiliki bulu yang lebat. Beberapa jenis bahkan tidak berbulu sama sekali, seperti babi rusa yang hanya  memiliki bulu jarang dengan jumlah sedikit.
3.       Burung khas
Pada jenis burung sendiri terdapat beberapa jenis yang bisa dikatakan sangat khas dan berbeda dengan yang lain. Salah satu jenis burung yang hanya ada di daerah Sulawesi adalah Burung Maleo. Burung ini merupakan salah satu jenis burung yang bisa dikatakan unik dan terancam punah. Salah satu keunikan dari burung yang satu ini adalah tubuhnya yang memiliki ukuran kecil namun memiliki telur yang cukup besar. Selain itu burung yang satu ini tidak terlalu tinggi tingkat reproduksinya. Hal ini lah yang membuat hewan ini semakin terancam.
4.       Hewan langka
Beberapa tahun belakangan ini banyak sekali ditemukan hewan langka pada daerah ini. beberapa hewan tersebut ada yang telah dinyatakan punah, namun ternyata kembali ditemukan di daerah peralihan. Beberapa jenis fauna yang ditemukan tersebut kebanyakan berada di daerah perairan.

                Contoh fauna tipe peralihan:

·         Image result for komodoKomodo, dapat ditemukan di Nusa Tenggara Timur di Pulau Komodo. Komodo mendapat julukan hewan purba karena ditengarai sudah hidup ribuan tahun lalu bersamaan dengan zaman dinosaurus. Komodo adalah hewan langka yang dilindungi karena habitatnya yang semakin menyempit.

·         Image result for anoaAnoa, dapat ditemukan di Sulawesi. Anoa memiliki ciri fisik seperti sapi namun dengan ukuran badan yang lebih kecil.

·          Image result for tarsiusTarsius, dapat ditemukan di Sulawesi dan bagian selatan negara Filipina. Tarsius adalah primata berukuran mungil hanya sebesar jempol orang dewasa dan memiliki mata yang membelalak besar.
FLORA TIPE PERALIHAN:
Ciri- ciri dari flora yang berada di wilayah Indonesia bagian barat antara lain sebagai berikut:
·         Memiliki ukuran daun yang kecil
Salah satu ciri yang menonjol dari flora atau tumbuhan yang hidup di Indonesia bagian tengah, atau kita sebut sebagai flora tipe peralihan adalah memiliki ukuran daun yang relatif kecil. Daun tumbuhan atau flora tipe peralihan ini termasuk berukuran kecil apabila dibandingkan dengan flora tipe Asiatis.
·         Tumbuhannya memiliki ukuran kecil
Selain mempunyai ukuran daun yang kecil, yang menjadi ciri dari flora tipe peralihan ini adalah ukuran batang atau ukuran pohonnya yang juga kecil. Tidak hanya ukurannya saja, namun tinggi flora tipe peralihan ini juga tidak akan sama dengan tipe Asiatis.
·         Tumbuhannya memiliki daun yang pendek
Daun yang dimiliki oleh flora atau tanaman wilayah Indonesia bagian tengah ini tidak hanya ukurannya yang kecil saja, namun juga mempunyai ukuran pendek.
·         Tumbuh di Indonesia
Dan saah satu yang pasti dari ciri- ciri flora tipe peralihan ini adalah tumbuh di Indonesia. Flora dan fauna tipe peralihan ini mempunyai tipe- tipe tertentu yang terkadang sama dengan yang lainnya. Ya, karena pada dasarnya wilayah peralihan sendiri merupakan wilayah Indonesia bagian tengah.
            CONTOH FLORA TIPE PERALIHAN:
Wilayah flora tipe peralihan meliputi pulau-pulau di wilayah Indonesia bagian tengah yang terdiri atas Pulau Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku.

Jenis Floranya adalah:
·        Image result for longusei Longusei (Ficus minahasae) Langusei (Ficus minahassae) merupakan tumbuhan yang menjadi maskot Sulawesi Utara. Pohon Langusei yang masih berkerabat dekat dengan Beringin (Ficus benjamina) ini telah ditetapkan menjadi Flora Identitas Sulawesi Utara. Langusei mendampingi Tarsius yang ditetapkan menjadi Fauna Identitas Sulawesi Utara.
Yang khas dari pohon Langusei (Ficus minahassae) adalah bunganya yang berbentuk bongkol sehingga menyerupai buah. Bunga Langusei tersusun menjurai kebawah sepanjang hingga satu meter.

·        Image result for gofasa Gofasa, gupasa (Vitex cofassus) pohon gofasa, gupasa, atau kayu biti itulah nama tumbuhan dengan nama latin Vitex cofassus ini. Mana yang menjadi nama resmi dalam bahasa Indonesia, saya kurang tahu. Bisa jadi gofasa, gupasa, kayu biti, atau malah sassuwar.
Yang pasti tumbuhan ini ditetapkan menjadi flora identitas provinsi Gorontalo dengan nama gupasa atau gofasa. Sedangkan dalam beberapa referensi yang saya punyai pohon ini disebut juga sebagai kayu biti dan sassuwar. Meskipun dua nama terakhir tampaknya merupakan nama lokal tumbuhan ini.
Pohon gupasa, gofasa, kayu biti ataupun sassuwar dalam bahasa lokal sering juga disebut sebagai bitti, bitum, dan bana. Sedangkan nama tumbuhan ini dalam bahasa latin (ilmiah) adalah Vitex cofassus Reinw. ex Blume.

·         Image result for tanaman eboni Eboni (Diospyros celebica) adalah jenis kayu yang dihasilkan oleh pohon dari spesies Diospyros celebica. Di Indonesia hanya ditemui tumbuh tersebar secara alami di Pulau Sulawesi yang masuk ke dalam wilayah Wallacea

FLORA & FAUNA TIPE AUSTRALIS
            FAUNA TIPE AUSTRALIS:
Fauna Australis menempati wilayah Indonesia bagian Timur seperti Kepulauan di Papua dan Maluku Utara. Pada umumnya, fauna tipe Australia berukuran tidak terlalu besar. Ciri yang paling khas di kawasan ini adalah mamalia berkantong.

Beberapa jenis fauna Australis antara lain:
Image result for fauna tipe australis
1. Kanguru  
2. Kuskus merupakan keluarga possum yaitu hewan berkantong khas Australia dan terdapat di Papua.
3. Burung Cendrawasih yang dominan terdapat di Papua dan beberapa di Maluku.
4. Burung kasuari
5. Burung kakatua 
FLORA TIPE AUSTRALIS:
Setelah penjelasan mengenai flora Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian tengah, sekarang tiba giliran flora bagian Indonesia Timur. flora dan fauna yang berada di wilayah indonesia bagian Timur dikenal dengan nama tipa Australis. Mengapa Australis? Hal ini tentu saja tidak lepas dari letaknya. Jika Indonesia bagian barat terkenal dekat dengan benua Asia sehingga nama tipenya adalah Asiatis, maka Indonesia Timur ini terletak di dekat Benua Australia sehingga dikenal dengan tipe Australis. Sama seperti fauna Tipe Asiatis yang mirip dengan flora fauna di Asia, maka flora fauna tipa Australis juga dipengaruhi oleh flora dan fauna yang berada di benua Australia. Flora di wilayan ini juga mempunyai ciri- ciri khusus. adapun ciri- ciri flora tipe Australis ini antara lain adalah sebagai berikut:
·         Terletak di dangkalan Sahul atau paparan Sahul
Ciri- ciri flora tipe Australis yang pertama adalah terletak di sekitar Paparan Sahul. Paparan Sahul ini merupakan paparan atau dangkalan yang terletak di wilayah Indonesia bagian Timur.
·         Terdapat di sekitar wilayah Papua dan Maluku
Flora tipe Australis, karena merupakan flora khas Indonesia bagian timur, maka flora ini hanya terdapat di sekitar wilayah Papua dan sebagain wilayah Maluku saja. Flora ini tidak akan kita temukan di wilayah lainnya.
·         Memiliki daun paralel
Ciri- ciri dari flora Australis ini adalah memiliki daun yang paralel. Maksudnya daun paralel adalah daun yang memiliki banyak pembuluh darah. Australis ini adalah memiliki daun yang paralel. maksudnya again wilayah Maluku saja. flora au besar. tumbuh-se
·         Memiliki daun yang panjang
Selain memiliki daun paralel, flora tipe Australis juga memiliki daun yang panjang. Daun flora tipe ini lebih panjang dari pada dedaunan milik flora dari wilayah lainnya.
Nah, itulah beberapa ciri dari flora tipe Australis. Flora tipe Australis memiliki karakteristik yang sangat berbeda apabila dibandingkan dengan flora tipe Australis dan juga tipe peralihan. Beberapa contoh dari flora tipe Australis antara lain sebagai berikut:
·         Matoa
Image result for matoa Matoa merupakan salah satu contoh dari spesies flora tipe Australis. Matoa merupakan buah khas Papua yang memiliki pohon besar. Pohon Matoa ini mempunyai tinggi hingga 18 meter. Pohon Matoa akan tumbuh baik di daerah yang mempunyai kondisi tanah kering dengan lapisan tanah yang ukurannya tebal. Pohon Matoa ini mempunyai daun majemuk berseling, bersirip genap, dan memiliki tangkai daun yang panjang, yakni sekitar 1 meter. Pohon Matoa juga memiliki anak daun 4 hingga 13 dengan bentuk yang bundar memanjang dan bergerigi. Buah Matoa memiliki bentuk bulat denganukuran yang tidak terlalu besar. Buah ini bisa berwarna hijau maupun berwarna kecoklatan.
·         Cendana
Image result for cendana Kayu Cendana atau pohon Cendana merupakan salah satu jenis dari flora tipe Australis. Pohon ini dapat diolah dan menghasilkan minyak Cendana yang banyak fungsinya. Kayu Cendana dijadikan sebagai rempah- rempah, bahan dupa, aromaterapi, dan juga campuran  parfum.kayu atau pohon Cendana ini banyak kita temukan di wilayah Nusa Tenggara Timur, khususnya adalah Pulau Timor. Karena kayu Cendana merupajan kayu yang penting dan mempunyai fungsi banyak, maka sekarang ini populasi pohon Cendana tidak hanya kita temui di Pulau Timor saja, namu bisa kita temui di Pulau Jawa dan juga Pulau Sumatera.








:

Comments

Popular posts from this blog

POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA